Selasa, 01 Januari 2008

WARGA PONTIANAK SAMBUT TAHUN BARU DENGAN BERBAGAI KEGIATAN

Pontianak, 1/1 (ANTARA) - Warga Kota Pontianak, Kalimantan Barat, mengadakan sejumlah kegiatan meski hujan rintik-rintik sempat turun saat detik-detik menjelang pergantian tahun dari 2007 ke 2008.

Kegiatan menyambut tibanya tahun 2008 tersebut, semisal kumpul bersama, pawai keliling kota, renungan di masjid, pesta kembang api dan "nongkrong" di warung-warung kopi, demikian ANTARA melaporkan, Selasa.

Kegiatan kumpul bersama seperti yang dilakukan oleh sejumlah karyawan perusahaan media yang menerbitkan Harian Borneo Tribune. Belasan karyawan perusahaan yang sudah beroperasi sejak tujuh bulan lalu itu, mengisi malam pergantian tahun dengan berkumpul di salah satu rumah di komplek Sakura Permai, kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya.

Selain makan-makan, mereka menyambut kedatangan tahun 2008 dengan perenungan perjalanan perusahaan tersebut.

Hidangan semisal soto ceker ayam, makanan khas Jepang sabu-sabu, ikan pari bakar, dan tidak ketinggalan jagung bakar yang menjadi menu khas acara "Tahun Baruan".

Pemimpin Redaksi Borneo Tribune, Nur Iskandar dalam sambutannya mengajak karyawan perusahaan tetap bekerja keras di tahun 2008.

Sementara konsultan bisnis perusahaan tersebut Michael Yan Sriwidodo mengajak para karyawan untuk introspeksi diri mengenai apa yang akan dilakukan untuk pribadi masing-masing di tahun 2008 ini.

"Setelah untuk diri sendiri, apa yang akan kita perbuat untuk keluarga. Kemudian baru untuk perusahaan," katanya.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kalbar tersebut juga mengingatkan bahwa masing-masing orang yang ada di media itu memiliki talenta dan kemampuan yang dapat dikembangkan.

"Maka dari itu, untuk tahun 2008 masing-masing hendaknya dapat lebih maju lagi," katanya penuh harap.

Sementara hujan rintik-rintik membasahi tanah dan jalan-jalan ketika detik-detik menjelang akhir tahun berlangsung. Warga kota berpenduduk sekitar 500 ribu jiwa tersebut tampak tidak terusik dari kegiatan menyambut tahun baru meski hujan.

Di tempat terpisah, iring-iringan kendaraan roda dua yang berpawai keliling kota sedang berlangsung hingga memasuki pukul 01.00 WIB. Pawai kendaraan bermotor terlihat di ruas Jalan Hasanuddin, kawasan Sungai Jawi. Kondisi yang sama juga berlangsung di Jalan H Rais A Rahman dan Ahmad Yani.

Penduduk yang bermukim di Sekitar Jalan H Rais A Rahman menyambut pergantian tahun dengan memainkan kembang api di gertak atau jembatan yang membentang di atas Sungai Jawi, sebuah anak Sungai Kapuas.

Sementara di taman Alun Kapuas, Jalan Rahadi Oesman, terdapat tumpukan sampah bekas plastik minuman mineral dan makanan ringan. Sisa dari tempat berkumpulnya ribuan warga yang "tumpah ruah" menyaksikan pentas malam tahun baru dan pesta kembang api yang diselenggarakan Pemerintah Kota Pontianak.

Di Masjid Raya Mujahidin, masjid terbesar di Kalbar, sejumlah orang bertafakur, melakukan perenungan. Kegiatan rutin tahunan itu belangsung khidmat.

Di tempat lain, sejumlah anak muda tampak "nongkrong" di warung-warung kopi. Warung kopi di pinggiran Jalan Gajah Mada dan Tanjungpura dipenuhi orang yang mengobrol sambil minum kopi. Hingga dinihari , sejumlah warung kopi masih melayani pembeli yang lelah seusai berpawai kendaraan.

Tidak ada komentar: