Jumat, 14 Desember 2007

Menanam Pohon, Menghijaukan Tempat Kerja

Pontianak Post
Jumat, 14 Desember 2007

HUT LKBN ANTARA ke-70

Pontianak,- Hari Ulang Tahun Ke-70 Perusahaan Umum LKBN Antara di Kalimantan Barat, ditandai dengan penanaman pohon matoa dan tanjung di halaman depan Kantor ANTARA Biro Pontianak, Kamis (13/12).

Kegiatan penanaman dua bibit pohon tersebut dilakukan Kepala Badan Pengendalian Dampak Lingkungan Kalbar, Tri Budiarto dan Kepala Biro Antara Pontianak, Nurul Hayat.

Kepala Bapedalda Kalbar menyambut baik ide penanaman pohon tersebut. Ia menyarankan agar kegiatan serupa terus dipupuk dan dikembangkan mengingat isu di sekitar Kota Pontianak terkait dengan permasalahan lingkungan. "Isu di Kota ini tidak lari dari masalah banjir, kemarau, dan asap. Semua itu isu lingkungan," kata Tri Budiarto.

Kepala Bapedalda tersebut menyatakan, adalah tindakan yang baik, jika mengawali suatu moment penting dengan penanaman pohon. "Minimal media sebagai contoh juga ikut berperan dalam menekan perubahan iklim dengan menanam pohon. Tidak hanya memotivasi masyarakat untuk menanam pohon sebanyak-banyak, tetapi tidak ada langkah nyata," kata Tri Budiarto.

Sementara Nurul Hayat menyatakan, ide menanam pohon muncul setelah menyadari kondisi halaman kantor Biro Pontianak yang telah beberapa tahun terakhir tidak ditumbuhi pepohonan. Dia mengharapkan media lain di daerah tersebut juga mulai memperhatikan pentingnya penghijauan di lingkungan tempat kerja.

Bibit pohon matoa dan tanjung diperoleh secara cuma-cuma dari Dinas Pertamanan dan Kebersihan Kota Pontianak yang dewasa ini sedang giat-giatnya melakukan penghijauan dalam kota tersebut.

Acara penanaman pohon, disaksikan belasan wartawan yang tergabung dalam Forum Komunikasi Jurnalis Kalbar (Fokuss Kalbar) yang peduli terhadap "Tujuan Pembangunan Milenium" atau MDGs dan anggota Sakawana, komunitas pencinta lingkungan Pontianak.

Sebelum penanaman pohon, para karyawan di Biro Pontianak, melakukan acara intern pembacaan pidato Direktur Utama Perum LKBN Antara, Ahmad Mukhlis Yusuf, oleh Kepala Biro Antara Pontianak.

Acara tersebut, dihadiri karyawan Antara Biro Pontianak, Ali Bastian yang menerima penghargaan 30 tahun berkarya yang pada tahun ini juga memasuki masa pensiun.

Sehingga selain syukuran sederhana peringatan HUT Antara, juga disertai dengan penyerahan tanda kasih kepada Ali Bastian. Kepala Biro Pontianak, memberikan potongan tumpeng pertama kepada Ali Bastian yang memasuki masa pensiun Agustus lalu.

Ali Bastian, kelahiran Sambas, pada 56 tahun, mendapat penghargaan masa bakti 30 tahun mengabdi di LKBN Antara, yakni staf keuangan yang merangkap Pembantu Koresponden di Biro Pontianak. (mnk)

Tidak ada komentar: